Kesalahan Fatal dalam Konsisten

Kesalahan Fatal dalam Konsisten

Saya sangat meyakini bahwa perubahan besar hanya mungkin terjadi jika kita melakukan hal kecil secara konsisten.

Tidak ada satu perubahan besar pun yang bisa terwujud tanpa adanya konsistensi untuk menjadi besar. Betul?

Namun, konsisten saja tidak bisa membuat kita meraih sukses besar. Karena tidak semua konsisten mengarah pada jalan yang benar.

Misalnya saja,

Anda ingin menjadi penulis. Tapi Anda sangat konsisten membuka sosial media sampai Anda tidak ada waktu untuk menulis.

Anda ingin menjadi pebisnis handal, namun Anda sangat konsisten membuat alasan agar kegagalan Anda berbisnis terlihat benar.

Anda ingin hafal al-Qur’an, namun Anda sangat konsisten menunda menghafal hingga Anda tidak hafal satu ayat pun selama berhari-hari bahkan berbulan-bulan.

Itu artinya, tidak semua konsistensi membawa Anda pada kesuksesan besar!

Di akhir oktober kamaren saya mengevaluasi grafik perkembangan omset saya dari bulan ke bulan. Ada kalanya grafik itu naik, ada kalanya turun. Namun yang sangat saya syukuri adalah tidak ada satu bulan pun yang tidak beromset. izin Allah…

Ya. Beberapa bulan lalu setelah saya menghadapi tantangan yang begitu serius dalam hidup saya. Saya sempat down dan tidak bisa beraktivias lebih lancar dari sebelumnya. Hari-hari terasa begitu gelap.

Meskipun raut wajah dan sikap saya seolah tidak sedang ada masalah, sebenarnya hati saya sedang menahan perih dan ngilu yang begitu mendalam. Saya sempat kehilangan arah dan harapan menatap masa depan karena ujian yang Allah berikan kepada saya waktu itu.

Namun setelah saya berusaha menerapi pikiran saya sendiri dengan berbagai macam cara, izin Allah saya bisa pulih lebih cepat dan bisa kembali beraktivitas dengan normal lagi. Omset pun ikutan naik.. Alhamdulillah…

Naik dan turunnya omset dalam bisnis adalah hal wajar. Namun, jika omset itu terus turun, maka harus segera dievaluasi dan dibenahi. Pasti ada yang salah. Pasti ada yang gak beres.

Karena itulah sebelum jauh melangkah ke depan, kita harus mengevaluasi setiap langkah yang kita kerjakan saat ini.

Jika kita ingin meraih omset 100 juta/bulan, benar gak langkah yang kita tempuh ini? jangan-jangan salah jalan. Alias tersesat!

Jika ingin hafal 5 juz dalam sebulan, benar gak langkah yang kita ambil ini? jangan-jangan kita cuman terlihat sibuk tapi gak kemana-mana.

ringkasnya, setiap langkah harus dievaluasi.

Sebagaimana ketika Anda ingin melakukan perjalanan dari Surabaya ke Jakarta, Anda harus memastikan rute yang Anda tempuh adalah rute yang benar. Karena percuma Anda konsisten melangkah namun Anda salah rute. Bukannya sampai tujuan yang Anda inginkan, justru Anda tersesat jauh dari tujuan awal Anda.

Awal bulan seperti ini adalah momen terbaik untuk melihat arah perjalanan yang selama ini kita tempuh. Lebih-lebih bulan ini adalah bulan yang hampir mengakhiri tahun 2018.

Cara yang sama tidak akan bisa membuahkan hasil yang berbeda. Jika kita tidak terus belajar hal-hal baru dan tidak melakukan cara-cara yang berbeda, maka mau berganti tahun berapa pun kualitas hidup kita juga akan sama.

Minimal, di dua bulan terakhir ini, kita melakukan hal berbeda dan lebih baik dari tahun yang kemaren. Tidak ada kata terlambat jika kita mau memulainya.

Siap?

O iya. Web saya yang menampung semua tulisan-tulisan saya sudah saya rilis. Klik aja jejaksemangat.com . Tulisannya akan saya perbaruhi secara bertahap.

Web itu sebenarnya sudah lahir sejak tahun 2017 silam. Namun sempat menghilang dari peredaran karena kendala teknis yang tidak bisa dihindari. Alhamdulillah, sekarang sudah hadir kembali dengan tampilan baru, artikel baru dan semangat baru! hehe..

Jadi tidak perlu hawatir kehilangan artikel saya jika HP Anda eror. Selain itu, artikel di web lebih menarik karena disertai ilustrasi gambar ^_^

Semoga lahirnya web ini membawa manfaat yang lebih besar. Mohon dukungannya ya.

Keep Learning & Growing

Salam SUPER SEMANGAT!
A. S. Rizal | jejaksemangat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares