Jangan Biarkan Hidup ini Dipengaruhi Orang Lain!

Jangan Biarkan Hidup ini Dipengaruhi Orang Lain!

Mau tidak mau ketika kita hidup dan berdampingan dengan orang lain, sedikit banyak perlakuan mereka akan memberi pengaruh untuk diri kita sendiri.
 
Karyawan males, bos ikutan males
Bos males, karyawan ikutan males
 
Murid nakal dan susah diatur, guru ikutan ‘nakal’ dan gak mau ngajar
Guru malas, murid ikut-ikutan malas..
 
Memang, spertinya sikap orang lain mempengaruhi hidup kita. Namun sebenarnya kita sendirilah yang mengizinkan diri kita untuk dipengaruhi.
 
Di kelas, saya menyampaikan kepada Mahasiswa bahwa meskipun mereka seringkali berangkat tidak tepat waktu, saya tidak akan terpengaruh dengan sikap mereka. Biar pun mereka telat 100 kali, saya akan berusaha tepat waktu 100 kali. Saya tidak mengizinkan diri saya dipengaruhi oleh sikap mereka itu.
 
Begitupula dengan pelanggan atau orang-orang yang berperilaku tidak menyenangkan.
 
Meskipun dicuekin, meskipun diabaikan, bahkan meskipun dicaci maki sekali pun, tidak membuat saya terpengaruh untuk melakukan hal yang sama. Jika hal itu tidak baik untuk dilakukan, mengapa diri saya harus mengizinkan sikap saya untuk menirunya?
 
Termasuk yang terbaru adalah tentang bimbingan Reseller.
 
Sebelumnya saya sempat terpengaruh dengan mereka yang malas dan tidak mau praktek materi yang saya sampaikan. Udah capek-capek bikin materi, eh, malah gak dipraktekkin. Itu lumayan nyesek.
 
Tapi sekarang saya sudah tidak peduli lagi. Mau mereka malas praktek atau rajin praktek, yang penting bagi saya saat ini adalah menjaga stamina semangat untuk terus konsisten dalam keadaan apa pun mereka. Saya tidak mau mengizinkan diri saya terpangruh atas sikap mereka.
 
Kecuali jika pengaruhnya adalah pengaruh positif, maka saya akan mengizinkan saya untuk dipengaruhi. Namun jika pengauhnya adalah pengaruh yang tidak positif, maka saya memilih untuk tidak mengizinkan diri saya terpengaruh.
 
Karena itulah kita tidak bisa menyalahkan orang lain atas apa yang menimpa hidup kita saat ini.
 
Segala tindakan baik maupaun tidak baik yang kita lakukan saat ini pada dasarnya adalah izin kepada diri kita untuk melakukannya.
 
Orang baik akan terus melakukan kebaikan.
Orang yang tidak baik akan terus bersikap tidak baik.
Orang yang masih labil akan banyak terpengaruh sikap orang lain tanpa memiliki prinsip sendiri.
 
Semoga menjadi intropeksi untuk kita semua.
 
Keep Learning & Growing
 
Salam SUPER SEMANGAT!
A. S. RIzal | Jejaksemangat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares